Welcome To My Blog. In This Blog, You Can See The Beautiful Indonesia.

Dec 20, 2011

XL Award 2011


Kebutuhan serta Pelayanan Telekomunikasi bagi Masyarakat Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Masih banyaknya pulau dan daerah yang sulit dan bahkan belum dapat dijangkau oleh layanan telekomunikasi, menjadikan hal ini sebagai suatu pedoman oleh XL untuk terus-menerus melakukan perubahan serta pembaharuan di bidang pelayanan telekomunikasi. Salah satu akibat dari kurang terjangkaunya wilayah terpencil mengakibatkan muncul kesenjangan informasi antar daerah.

Perlu kita ketahui bahwa sadar atau tidak, telekomunikasi seluler serta peran operator turut menunjang kemajuan pendidikan dan perekonomian di daerah tersebut. Selain itu, ada banyak juga dampak positif yang diperlihatkan oleh fakta-fakta yang dibuat dari peran telekomunikasi seluler. Bahkan, dampak tersebut tidak jarang menghampiri kita sebagai konsumen dari telekomunikasi seluler.

XL sebagai salah satu operator telekomunikasi di Indonesia turut meluncurkan program CSR (Coorporate Social Responsibility) Indonesia Berprestasi, yakni pengadaan pemakaian komputer bagi sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Program ini ditujukan kepada guru-guru di seluruh Indonesia agar dapat menggunakan komputer serta Bahasa Inggris, kemudian menerapkannya kepada anak didiknya.

XL yang mulai beroperasi sejak 8 Oktober 1996, melayani masyarakat luas di bidang layanan suara (voice), pesan singkat (sms), serta akses internet yang cepat. Jaringan dari XL sendiri mencapai tahapan yang sangat baik dalam menjangkau daerah yang terpencil dan sulit dijangkau oleh sinyal operator. Kemajuan dari suatu daerah sangat ditentukan oleh seberapa cepatnya informasi itu didapatkan. Semakin lambat informasi itu didapat, semakin ketinggalan pula masyarakat di daerah tersebut.

Tahun 2011 menjadi tahun dimana operator-operator telekomunikasi bersaing untuk menjadi yang terbaik. Masing-masing operator menunjukkan kualitas serta kuantitas produknya dengan cara yang beraneka ragam pula. Masyarakat juga harus cermat dan teliti dalam menanggapi hal ini. Maraknya dan murahnya produk yang ditawarkan oleh berbagai operator menyebabkan masyarakat luas sulit menentukan pilihannya.                                              

Selain itu, peran pemerintah dalam mewujudkan akses telekomunikasi di seluruh daerah snagat mendukung hal ini. Penetapan kebijakan, peraturan, pengawasan, serta pengendalian sangat baik dilakukan oleh pemerintah menginggat banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh "oknum-oknum" yang tidak bertanggungjawab. Hal ini tentu sangat meresahkan masyarakat luas.

Peran operator yang paling penting yakni melayani secara universal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar mendapatkan akses komunikasi di seluruh daerah baik itu di daerah terpencil maupun belum berkembang dengan kualitas yang baik serta tarif yang layak bagi masyarakat Indonesia. Dengan begitu, seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan kemudahan komunikasi dan mendapatkan informasi secara cepat. Masyarakat juga tidak akan merasa "ketinggalan zaman".
Seiring berkembangnya informasi, penggunaan teknologi sudah semakin meluas, tidak jarang juga remaja dengan masa mudanya yang penuh gejolak melampiaskannya kepada yang namanya teknologi, sehingga mereka menggunakan teknologi dengan sesuka hatinya tanpa memikirkan apakah hal itu merusak moral mereka ataupun tidak. Dari hal ini, banyak orang tua yang menyalahkan teknologi dan malah teknologi itu yang menjadi sasaran mereka.

Padahal, sadar ataupun tidak, jika diri kita sendiri yang dapat mengatur agar tidak terjerumus ke dalam hal negatif, maka hal tersebut tidak akan pernah terjadi pada diri kita sebagai individu yang tidak pernah merasa puas terhadap kehidupan ini.
"Efisien dan Efektif" merupakan kunci yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia dalam penggunaan teknologi komunikasi di kesehariaannya. Oleh karena itu, perlunya operator untuk terus berusaha memperbaiki dan memperbaharui dirinya sangat diharapkan oleh masyarakat Indonesia.

Dengan begitu, teknologi informasi dan komunikasi akan terus berkwmbang hingga turut mengembangkan pendidikan dan perekonomian bukan hanya di daerah perkotaan tapi juga di daerah terpencil. Selain itu, pada tahun 2012 nanti, kemungkinan besar seluruh masyarakat Indonesia akan tersentuh oleh layanan telekomunikasi ini. Sehingga tidak akan ada lagi masyarakat kita yang terbelakang akibat kurangnya informasi.

Diikutkan ke XL Award 2011 atas nama OKTAVIA.

No comments:

Post a Comment